Seberapa Panaskah Bumi Dan Apa Yang Akan Terjadi Selanjutnya?

Jika pemanasan terus berlanjut melebihi rata-rata world 2 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri, dampaknya hanya akan menjadi lebih jelas — dan meskipun hal ini tidak mungkin terjadi dalam masa hidup kita, anak-anak kita dan anak-anak mereka akan mewarisi perubahan yang radikal, dan dunia yang sangat bermusuhan. Ini dijabarkan dengan sangat rinci dalam ringkasan laporan Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim, yang mencatat kesenjangan besar antara apa yang dilakukan negara-negara anggota Perjanjian Paris, dan apa yang sebenarnya perlu dilakukan.

Menurut ringkasan, peningkatan suhu rata-rata world sebesar 2,5 derajat dapat terjadi pada tahun 2100 — suatu keadaan yang akan membawa serta kematian ribuan orang yang tak terhitung jumlahnya karena seringnya gelombang panas yang mematikan, ancaman bencana banjir yang hampir di seluruh dunia, lebih banyak wabah penyakit mematikan, peningkatan besar di daerah yang terkena kerawanan pangan dan air, dan runtuhnya sebagian atau seluruh ekosistem, di antara konsekuensi potensial lainnya.

Berbicara kepada pers di KTT iklim COP26 di Glasgow, Skotlandia, pada tahun 2021, pejabat Program Lingkungan PBB Inger Andersen menyalahkan kurangnya kemajuan tepat pada negara-negara anggota Perjanjian Paris. “Ketika kita melihat apa yang masuk, janji tambahan, terus terang itu adalah gajah yang melahirkan tikus,” kata Andersen. “Kami tidak melakukan cukup. Kami tidak berada di tempat yang kami butuhkan. Dan kami perlu melangkah dengan lebih banyak tindakan, lebih mendesak” (melalui The Seattle Instances).


Posted

in

by