20 Spesies Paling Menarik Ditemukan Pada Tahun 2023

Sayangnya, beberapa spesies sudah menghadapi kepunahan setelah penemuan mereka. Seperti yang dicatat para peneliti dalam studi tahun 2023 yang diterbitkan di ZooKeys, kelima spesies ular pemakan siput yang mereka temukan di daerah tropis Panama, Ekuador, dan Kolombia berada dalam masalah. Dan, anehnya, sebagian penyebabnya adalah COVID-19. Perjuangan ekonomi selama pandemi mendorong banyak orang untuk melakukan penambangan emas dan tembaga ilegal, menciptakan lubang-lubang besar yang tandus di sepanjang aliran air hutan dan mencemari sungai dan sungai. Sebagian besar hutan hujan juga ditebangi untuk membangun infrastruktur bagi pekerja dan peralatan, membuat situasi yang buruk menjadi lebih buruk. Dan itu masih terjadi.

Sementara gangguan ini membahayakan tanaman dan hewan yang tak terhitung jumlahnya, ular pemakan siput mengalami masa-masa sulit karena mereka hidup di pohon dan memakan siput dan siput, yang hanya dapat bertahan hidup di lingkungan basah bebas racun. “Ini [snake] spesies ini rentan dan terbiasa hidup di bagian hutan yang sangat lembap,” kata salah satu peneliti studi tersebut, Abel Batista, kepada Mongabay. “Begitu kita membuka hutan, jika mereka tidak memiliki tempat untuk pergi, mereka akan mati.”

Untuk membantu menarik perhatian pada keadaan darurat ular, para peneliti meminta bantuan aktor dan konservasionis Leonardo DiCaprio, yang membantu menyebutkan tiga ular kecil berwarna cerah. Dia menamai yang paling langka, Sibon irmelindicaprioae, setelah ibunya, Irmelin DiCaprio. Seperti yang dijelaskan oleh peneliti studi Alejandro Arteaga kepada Mongabay: “Tambang terbuka authorized dan ilegal tidak dapat dihuni oleh ular pemakan siput – dan hampir semua yang hidup di sana juga.”

[Featured image by A. Arteaga and A. Batistavia via ZooKeys 1143 | Cropped and scaled | CC BY 4.0 ]


Posted

in

by