Apa Itu Vodou Dan Apa Yang Dipercaya Para Pengikutnya?

Vodouisants umumnya berkomunikasi dengan Lwa dan kekuatan Vodou lainnya melalui upacara ritual yang biasanya melibatkan satu Lwa tertentu, seringkali untuk tujuan tertentu. Untuk “sevi Lwa” secara harfiah berarti “melayani roh.”

Misalnya, para nelayan Haiti yang mencari jalan yang aman dan hasil tangkapan yang melimpah dalam perjalanan memancing mereka dapat memberikan persembahan seremonial kepada Agwé, Lwa laut. Warna favorit Agwé dikatakan biru dan putih, dan warna laut yang lebih keruh, yang mungkin dikenakan atau digunakan oleh para pemuja yang melakukan upacara untuk menghormati Agwé untuk menghias peristyles atau hadiah untuk Lwa. Lwa dikatakan memiliki hadiah favorit juga, dan dapat dipahami bahwa Agwé dikatakan maritim atau bahari, seperti kerang, alat bantu navigasi seperti teleskop, serta dayung dan peralatan berlayar lainnya. Makanan panas serta minuman sampanye dan rum angkatan laut juga diberikan sebagai persembahan kepada Lwa, yang pada gilirannya dikatakan memberikan hadiahnya sendiri kepada mereka yang menghormatinya.

Seringkali, Vodou dikaitkan dengan ritual pengorbanan, yang terkadang dianggap sebagai pengorbanan manusia, yang merupakan mitos belaka. Namun, pengorbanan hewan memang sering menjadi bagian sentral dari ritual semacam itu, dengan makhluk yang diberkati dan dipersiapkan secara khusus sebagai persembahan kepada Lwa yang dituju, sebelum menjadi pusat pesta bagi masyarakat luas.


Posted

in

,

by