Orang-Orang Terkenal Yang Hampir Naik Titanic

Guglielmo Marconi adalah orang yang memiliki banyak talenta, dan, ternyata, memiliki banyak koneksi dengan RMS Titanic. Lahir pada tahun 1874 di Bologna, Italia, keterikatan Marconi yang paling berharga dengan Titanic adalah sistem telegraf nirkabel yang ia ciptakan. Telegraf Marconi adalah telegraf nirkabel pertama yang pernah ditemukan, dan selanjutnya memiliki implikasi revolusioner untuk masa depan komunikasi jarak jauh. Marconi menemukan penemuan ini pada pertengahan 1890-an, dan pada 1900-an kapal perang Inggris sudah menggunakannya.

Marconi mampu mendemonstrasikan kelayakan telegraf dalam jarak yang semakin jauh, dan sebagai pengakuan atas karyanya, dia memenangkan Hadiah Nobel pada tahun 1909. Marconi dan istrinya, Beatrice Marconi, diundang dalam pelayaran perdana Titanic ketika berangkat pada bulan April 1912, tetapi Guglielmo berakhir di Lusitania karena dia lebih suka stenografernya (per Degna Marconi dalam “My Father Marconi”). Saat itu, Beatrice masih berencana untuk melakukan pelayaran, tetapi putra mereka jatuh sakit, sehingga membatalkan perjalanannya. Dia dan putri mereka benar-benar menyaksikan Titanic berlayar dari dermaga di Southampton, Inggris, pada 10 April.

Meskipun Guglielmo Marconi sendiri tidak berada di dalam Titanic, mesin telegraf nirkabelnya berada di dalamnya. Kapal komersial menyadari kemanjuran penemuannya, dan ketika Titanic tenggelam, para perwiranya mati-matian berusaha menyampaikan bantuan dengan mengirimkannya ke kapal terdekat lainnya. Telegraf Marconi tidak diragukan lagi membantu menyelamatkan nyawa mereka yang selamat.


Posted

in

by