Mengapa Pemimpin Grup Wagner Yevgeny Prigozhin Sangat Berbahaya

Mendukung paduan suara anggota kongres AS setelah tantangan Grup Wagner yang digagalkan melawan Kremlin, tentara pribadi Yevgeny Prigozhin memiliki sejarah panjang dalam mewakili kepentingan Rusia di tempat-tempat seperti Afrika dan Timur Tengah (melalui New York Submit). Grup Wagner juga telah terlibat dalam sejumlah serangan paling brutal dalam perang Ukraina di tempat-tempat seperti Bakhmut, menurut Related Press.

Untuk sejarah panjang agresi rahasia mereka atas nama Kremlin, pada tahun 2021, Uni Eropa mengumumkan sanksi terhadap Grup Wagner atas “pelanggaran hak asasi manusia yang serius, termasuk penyiksaan dan eksekusi dan pembunuhan di luar hukum, ringkasan, atau sewenang-wenang, atau dalam kegiatan destabilisasi di beberapa negara. negara tempat mereka beroperasi, termasuk Libya, Suriah, Ukraina (Donbas) dan Republik Afrika Tengah,” Related Press melaporkan tahun itu.

Menyebut tentara swasta Prigozhin sebagai “wakil” untuk negara Rusia, Uni Eropa mengatakan Grup Wagner mengirim operasi “ke zona konflik di seluruh dunia untuk memicu kekerasan, menjarah sumber daya alam, dan mengintimidasi warga sipil yang melanggar hukum internasional, termasuk hukum hak asasi manusia internasional. .” Menurut kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell (melalui Related Press), Grup Wagner mewakili “ancaman” dan menciptakan “ketidakstabilan di sejumlah negara di seluruh dunia.”

Setelah upaya Prigozhin untuk mengobarkan pemberontakan, Demokrat Texas Joaquin Castro, seorang Perwakilan AS, memberikan poin yang lebih baik ketika dia tweeted“Yevgeny Prigozhin adalah tentara bayaran yang kejam dan haus darah yang sama buruknya, bisa dibilang lebih buruk dari, Putin.”


Posted

in

,

by