Mengapa Beberapa Pakar Mengatakan Karier Boris Johnson Sudah Selesai

Penyebab langsung pengunduran diri Boris Johnson sebagai Anggota Parlemen adalah temuan dari Komite Hak Istimewa, yang telah dibentuk untuk menyelidiki apakah Johnson sengaja menyesatkan DPR; yaitu apakah dia telah berbohong kepada sesama anggota parlemen selama debat di Home of Commons.

Meskipun Parlemen Inggris telah melihat bagian yang adil dari kebohongan dari kotak pengiriman selama berabad-abad, biasanya berupa kebingungan atau salah bicara. Kebohongan langsung cenderung mengarah pada tantangan dari pihak lawan untuk “memperbaiki catatan,” yang, dengan berlalunya momen panas, anggota parlemen cenderung melakukannya untuk menghindari penyelidikan atau penangguhan. Investigasi Komite Hak Istimewa terhadap Johnson menyangkut komentar yang dia buat di Parlemen mengenai apa yang disebut Skandal Partygate, di mana anggota pemerintahan Johnson, pembantunya, dan Johnson sendiri, ditemukan mengadakan pesta di 10 Downing Road, rumah duduk Perdana Menteri Inggris selama penguncian Covid-19. Pada saat itu, publik Inggris diwajibkan secara hukum untuk membatasi kontak mereka dan tidak dapat melihat teman atau orang yang mereka cintai, mengunjungi mereka di rumah sakit, atau menghadiri pemakaman.

Telah dilaporkan bahwa Komite telah memutuskan Johnson bersalah menyesatkan Parlemen dan berbohong kepada Komite itu sendiri, yang merekomendasikan penangguhan 90 hari dari DPR. Hukuman seperti itu akan menimbulkan perdebatan di antara anggota parlemen yang kemungkinan besar akan menyebabkan Johnson harus menghadapi pemilihan sela di daerah pemilihannya, di mana dia kemungkinan besar akan tersingkir. Dengan mengundurkan diri, dia menghindari kekalahan demokratis yang begitu mencolok dan membiarkan dirinya berperan sebagai korban.


Posted

in

,

by