Makna Di Balik 7 Cakra Dalam Agama Hindu

“Chakra” adalah kata Sanskerta untuk “roda”, dengan pusat energi yang dianggap melingkar dalam kepercayaan Hindu dan sering direpresentasikan sebagai bunga teratai yang terbuka. Chakra paling sering dikaitkan dengan dewa Hindu Wisnu, yang sering digambarkan memegang roda. Dalam agama Hindu, waktu dan alam semesta itu sendiri digambarkan dalam bentuk roda, menunjukkan sifat kosmik dari energi yang konon berhubungan dengan cakra.

Ada tujuh cakra utama menurut agama Hindu, mulai dari bagian paling bawah batang tubuh dan naik di sepanjang tulang belakang hingga ke bagian paling atas kepala. Hindu berpendapat bahwa sebenarnya ada ratusan chakra yang ditemukan di seluruh tubuh, yang semuanya mengatur energi dan kekuatan psikis dan religious. Namun, tujuh pusat, yang akan diuraikan di sini, adalah yang paling penting untuk kesehatan dan perkembangan fisik dan religious dan yang biasanya dirujuk umat Hindu ketika berbicara tentang cakra tubuh manusia.

Penting di sini untuk dicatat bahwa chakra tidak dianggap sebagai fitur psikis, melainkan aspek dari apa yang disebut “tubuh halus”, perpanjangan religious dari kesadaran yang hidup berdampingan dengan tubuh fisik atau “kasar”. Chakra dapat dianggap sebagai titik di mana bidang eksistensi psikis dan religious berpotongan, dan dengan demikian dengan berinteraksi dengan chakra tertentu melalui praktik tertentu — paling sering yoga dan meditasi dalam agama Hindu — seseorang dapat belajar untuk menyeimbangkan atau menyelaraskan ketujuh chakra mereka untuk mencapai kemajuan religious. dan, akhirnya, kondisi pencerahan.


Posted

in

by