Kisah Nyata Di Balik Lagu New Beatles Yang Menggunakan AI

Single Beatles “terakhir” yang akan datang bukanlah pertama kalinya Fab 4 menerima perawatan AI. “Get Again,” serial dokumenter tiga bagian yang diakui secara kritis yang dibuat oleh Peter Jackson, juga menggunakan teknologi AI.

Sebuah proyek monumental yang mencakup empat tahun dan 60 jam rekaman dokumenter, “Get Again” menggunakan movie dan audio yang dikumpulkan oleh pembuat movie Michael Lindsay-Hogg – untuk movie dokumenternya sendiri tahun 1970 “Let It Be” – untuk menawarkan potret candid yang langka dari mani kelompok di tempat kerja. Materi yang dipermasalahkan dipertajam dan dipulihkan secara mengesankan menggunakan teknologi digital fashionable.

Editor dialog Jackson, Emile de la Rey, berhasil menggunakan AI untuk membuat batang audio baru yang diambil dari kaset berusia setengah abad dari band yang bermain dan berbicara bersama, yang memisahkan dialog dan kebisingan latar belakang untuk pertama kalinya. Seperti yang dijelaskan Paul McCartney dalam wawancara BBC-nya, tim “Get Again” “dapat mengekstraksi suara John dari kaset kecil. “Kami memiliki suara John dan piano dan dia dapat memisahkannya dengan AI,” katanya. “Mereka memberi tahu mesin, ‘Itu suaranya. Ini gitar. Kehilangan gitar.’” Itu adalah teknologi yang sama, McCartney menjelaskan, yang memungkinkan dia untuk akhirnya mengekstrak vokal bersih untuk lagu Beatles terakhir – teknologi yang juga dilaporkan digunakan untuk menciptakan duet digital yang diterima dengan hangat dengan John Lennon di Glastonbury Competition Inggris. pada tahun 2022.


Posted

in

,

by