Kematian Tragis Kakak JFK, Joe, Di Usia 29 Tahun

Operasi Aphrodite adalah nama kode dari sebuah misi yang bersifat eksperimental dan sangat berbahaya, dilakukan untuk memerangi bunker rudal balistik bawah tanah Nazi yang dipasang di bawah tanah di pantai Prancis. Bunker diarahkan ke pusat kota London, di mana roket mereka menyebabkan kerusakan parah dan banyak kematian. Dengan bunker yang tahan terhadap pengeboman tradisional, para pemimpin militer menyusun rencana untuk mengisi pesawat yang sudah ketinggalan zaman dengan bahan peledak, yang kemudian akan dipandu ke sasaran mereka dengan kendali radio. Ini adalah misi yang menjadi sukarelawan Joseph Kennedy Jr. – dia akan mengemudikan salah satu pesawat tua saat lepas landas, lalu keluar saat dia menyerahkan pesawat ke kontrol radio.

Beberapa saat sebelum Kennedy dan kopilotnya akan keluar dari pesawat yang berisi bahan peledak, sesuatu menyulut kargo yang mudah menguap, menghancurkan pesawat seketika dan membunuh Joseph dan kopilotnya. Kematian Joseph merupakan pukulan besar bagi keluarga Kennedy. Setelah kematian Joseph Jr., John F. Kennedy menjadi harapan politik utama keluarga di masa depan.

Tapi Joseph Kennedy bukan satu-satunya generasi keluarga Kennedy yang kehilangan nyawanya di tahun 1940-an. Adik perempuannya, Kathleen, meninggal dalam kecelakaan pesawat pada tahun 1948 pada usia 28 tahun, salah satu dari empat anak Joseph Kennedy Sr. yang mati muda dalam keadaan tragis.


Posted

in

,

by