Inspirasi Di Balik Satu Lagi Ratu Menggigit Debu

Sementara penggemar rock mungkin skeptis tentang band favorit mereka yang beralih ke disko untuk memastikan single mereka mencapai tangga lagu pada akhir 1970-an dan awal 1980-an, tidak dapat disangkal bahwa John Deacon dari Queen sama fanatiknya dengan style musik terbesar saat itu. siapa pun yang memenuhi klub malam di seluruh Amerika untuk menari mengikutinya. Seperti yang dikatakan Deacon kepada majalah Bass & Bass Strategies pada tahun 1996: “Saya mendengarkan banyak musik soul ketika saya masih di sekolah … dan saya selalu tertarik dengan musik semacam itu. Saya ingin membuat lagu seperti ‘One other One Bites The Mud’ untuk sementara waktu, tetapi awalnya yang saya miliki hanyalah baris dan riff bass. Secara bertahap saya mengisinya dan band menambahkan ide.”

Sementara kecintaan Deacon pada pengaruh awal disko tampaknya kembali ke masa kecilnya, ada juga satu tindakan kontemporer yang memiliki pengaruh besar pada bassis Queen: Nile Rodgers’ Stylish. Gitaris Brian Could telah mengkonfirmasi bahwa Deacon adalah penggemar berat Rodgers, sementara Rodgers sendiri mengklaim bahwa Deacon sebenarnya bersama band ketika mereka merekam “Good Instances” tahun 1979, lagu yang paling mirip dengan “One other One Bites The Mud”.

Namun, tidak ada yang baru di bawah matahari, terutama di dunia musik pop, dan seperti yang telah ditunjukkan oleh para kritikus, “Good Instances” dari Stylish bukanlah tahun nol dalam hal stompers disko. Faktanya, pada 2015 Rodgers mengakui hit Stylish itu sendiri terinspirasi oleh “Hollywood Swinging” Kool & The Gang, yang dirilis pada 1974 (melalui YouTube).


Posted

in

by