Elemen Dunia Bisa Kehabisan

Sekilas, ini mungkin tampak seperti pernyataan yang sepenuhnya salah, bukan? Sangat mudah untuk menemukan helium — cukup pergi ke toko pesta terdekat, dan Anda bebas mengisi semua balon yang dapat Anda bayangkan. Selain itu, helium juga merupakan unsur paling melimpah kedua di seluruh alam semesta. Hampir tidak ada elemen yang tampaknya kekurangan pasokan.

Tapi logika itu sebenarnya adalah masalah tersendiri. Ketika datang ke pasokan helium yang tersisa, masalah sebagian besar muncul dari situasinya yang unik: Ini adalah elemen yang sangat ringan sehingga dapat melayang begitu saja dari planet ini. Dan ketika hilang, tidak banyak yang bisa dilakukan untuk mencoba mendapatkannya kembali.

Secara keseluruhan, permintaan elemen itu sendiri hanya tumbuh dari waktu ke waktu. Tentu saja, ada kegunaannya oleh orang-orang biasa yang ingin memeriahkan pesta mereka dengan beberapa balon yang menyenangkan, tetapi helium juga memiliki beberapa kegunaan ilmiah yang sangat menarik. Ini memiliki beberapa sifat termal khusus, yang, singkatnya, menjadikannya kandidat yang sangat menarik untuk aplikasi dalam cryogenics. Selain itu, itu terbukti nilainya dalam detektor nuklir dan, dalam nada yang sama, bahkan melihat penggunaan yang signifikan di supercollider CERN di Swiss. Namun terlepas dari semua itu, hanya sedikit yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Harga yang sangat murah mendorong orang untuk terus membeli, seolah-olah tidak ada masalah pasokan, tetapi mereka juga mencegah upaya daur ulang, karena helium secara teknis dapat didaur ulang, tetapi hal itu tidak berkelanjutan secara finansial dengan harga saat ini.


Posted

in

by