Efek Menghancurkan Operasi Ranch Hand Perang Vietnam

Selama Perang Vietnam, militer Amerika Serikat menyemprot jutaan galon herbisida di Vietnam dalam operasi militer yang dikenal sebagai Operasi Ranch Hand, yang berlangsung dari tahun 1962 hingga 1971. Bagian dari program herbisida yang lebih besar yang dikenal sebagai Operation Path Mud, lebih dari 20 juta galon herbisida Pelangi, termasuk Agen Oranye dan Agen Putih, disemprotkan ke Vietnam, serta Kamboja dan Laos, dalam upaya menghancurkan pasokan makanan dan tutupan hutan para pejuang Viet Cong. Penggunaan herbisida sebagai metode perang oleh Angkatan Udara AS diilhami oleh tindakan Inggris dalam Darurat Malaya, di mana mereka menyemprot dan menghancurkan setiap dan semua tanaman dalam upaya untuk membuat para pejuang gerilya Tentara Pembebasan Nasional Melayu kelaparan.

Menurut Veteran dan Agen Oranye, diperkirakan 10% wilayah Vietnam Selatan telah disemprot setidaknya sekali, dan 34% space yang disemprot telah disemprot lebih dari satu kali, menambahkan hingga lebih dari 5,5 juta hektar hutan dan tanaman yang terkena dampak. atau hancur. Penggunaan herbisida memuncak antara tahun 1966 dan 1969, ketika 80% herbisida di Operasi Ranch Hand disemprot.

Memainkan slogan Smokey Bear “Hanya Anda yang Bisa Mencegah Kebakaran Hutan,” Operasi Ranch Hand beroperasi dengan moto “Hanya Anda yang Bisa Mencegah Hutan.”


Posted

in

by