Di dalam Kisah Romantis J. Robert Oppenheimer Dengan Jean Tatlock

Di awal hubungan mereka, Jean Tatlock dan J. Robert Oppenheimer terikat pada minat yang sama dalam sastra Inggris, dan Tatlock memperkenalkan Oppenheimer pada karya penyair Inggris John Donne. Diperkirakan tes Trinity, atau yang disebut Oppenheimer sebagai tes pertama senjata atom, diilhami oleh Tatlock melalui puisi Donne. Menurut Laboratorium Nasional Los Alamos, Oppenheimer ditanya mengapa dia memberi nama tes bom awal itu. “Mengapa saya memilih nama itu tidak jelas, tapi saya tahu pikiran apa yang ada di benak saya. Ada puisi John Donne, yang ditulis sebelum kematiannya, yang saya kenal dan cintai,” jawabnya. Di benak banyak orang, ini menggarisbawahi pengaruh mendalam Tatlock dalam hidupnya.

Dalam waktu mereka bersama, SFGATE mengatakan Tatlock berkonflik tentang seksualitasnya sendiri dan apakah dia mungkin tertarik pada wanita atau tidak, sesuatu yang sepertinya tidak pernah membuatnya damai. Dia juga mengalami masa-masa depresi klinis yang dalam yang membuat hubungan mereka retak. dan masalah Oppenheimer dengannya juga memengaruhi kesehatan mentalnya. Meskipun dia bertemu dan menikahi Kitty Oppenheimer kira-kira setahun setelah Tatlock mengakhiri semuanya, “Prometheus Amerika: Kemenangan dan Tragedi J. Robert Oppenheimer” karya Kai Fowl dan Martin Sherwin mengatakan keduanya dikabarkan menjadi sepasang kekasih, setidaknya pada kesempatan tertentu.

Terakhir kali Oppenheimer diketahui melihat Tatlock, pada tahun 1943, dia diawasi karena dicurigai memiliki hubungan dengan komunisme. Saat berada di San Francisco, seorang agen FBI dilaporkan melihat Oppenheimer dan Tatlock berciuman, dan menyaksikan saat Oppenheimer sepertinya bermalam di rumah Tatlock.


Posted

in

,

by