Dakwaan Kedua Terhadap Donald Trump Dijelaskan

Pergantian nasib presiden ke-45 Amerika Serikat ini terbukti menjadi bom politik dan salah satu berita terbesar tahun ini. Komentator mencatat bahwa meskipun ini bukan kasus kriminal pertama yang menjadi berita utama pada tahun 2023 terkait Donald Trump, ini tentu saja kasus dengan pertaruhan tertinggi untuk mantan bintang “The Apprentice”.

Tuntutan atas dakwaan federal terkait penyimpanan dokumen rahasia dan sangat rahasia di perkebunan Mar-A-Lago miliknya di Florida adalah tantangan hukum besar ketiga bagi Trump yang muncul pada paruh pertama tahun ini saja. Yang pertama adalah dakwaan yang diajukan terhadapnya di Pengadilan Distrik New York terkait dengan dugaan pembayaran uang suap yang dilakukan kepada bintang movie dewasa Stephanie Clifford, alias Stormy Daniels (foto). Daniels mengklaim berselingkuh dengan Trump pada 2006, dan jaksa menuduh bahwa kebisuannya dibeli oleh Trump dan timnya secara ilegal. Yang kedua adalah yang diajukan terhadapnya di Pengadilan Sipil oleh penulis E. Jean Caroll, yang pada bulan Mei mendapat ganti rugi $5 juta setelah juri memutuskan Trump bersalah atas pelecehan seksual dan pencemaran nama baik.

Tetapi sementara cerita seperti itu dalam berita tampaknya memiliki sedikit peluang untuk secara serius merusak Trump secara hukum (atau di mata para pendukungnya), telah dicatat bahwa dakwaan pidana keduanya pada tahun 2023 berbeda. Kali ini, mantan presiden tersebut menghadapi dakwaan federal yang menuduh tindakannya berisiko terhadap keamanan nasional, kejahatan serius yang membawa hukuman penjara yang berat dan yang dilaporkan akan menghancurkan karir politiknya jika dia dihukum.


Posted

in

, ,

by