Bom Terbesar Yang Pernah Diledakkan Dalam Sejarah Dunia

Menjelang akhir Perang Dunia II, Inggris mengembangkan bom gempa “Grand Slam”, perangkat yang sangat berat dengan kekuatan penghancur yang mengerikan. Dengan berat 21.500 lbs yang luar biasa, bom ini pertama kali digunakan melawan Nazi Jerman pada 14 Maret 1945. Bom ini berevolusi dari pendahulunya yang kuat, “Tallboy” (beratnya sedikit lebih ringan hanya 12.000 lb), dan muncul dari yang brilian. pikiran insinyur Barnes Wallis, orang yang bertanggung jawab atas bom memantul yang dikerahkan oleh penghancur bendungan terkenal. Bom itu sangat berat sehingga hanya pembom Lancaster yang dimodifikasi secara khusus (kebanggaan dan kegembiraan RAF) yang mampu membawanya.

Kekuatan mengerikan dari bom gempa sering dilupakan, dibayangi oleh bom atom yang jauh lebih kuat yang digunakan oleh Amerika pada tahun yang sama, namun tetap saja itu adalah senjata yang menghancurkan. Kekuatan yang dilepaskan oleh Grand Slam yang sangat berat mampu menyebabkan gempa bumi, artinya hanya satu bom yang dapat melenyapkan infrastruktur musuh di space yang luas, terlepas dari apakah pilot melakukan serangan langsung atau tidak.

Misalnya, menurut Angkatan Udara Kerajaan Inggris, Inggris telah berulang kali menargetkan jembatan Jerman, dan telah menjatuhkan 3.500 bom konvensional di atasnya, semuanya sia-sia. Satu bom Grand Slam dapat menyelesaikan pekerjaan dalam satu tetes, menciptakan kawah setinggi 100 kaki dan menghancurkan lengkungan setinggi 400 kaki sekaligus. Lebih dari 40 Grand Slam digunakan untuk menghancurkan pertahanan Jerman pada hari-hari terakhir perang.


Posted

in

by