Beginilah Cara Pengolahan Air Radioaktif

“Reverse osmosis” adalah salah satu istilah dengungan yang terdengar keren tetapi kurang dipahami yang terpampang di seluruh produk pemurnian air. Botol air genggam yang dapat Anda isi di sungai saat mendaki yang menggunakan osmosis balik untuk memurnikan air? Memeriksa. Perlengkapan penyaringan air reverse osmosis yang dapat digunakan di rumah yang dapat Anda sambungkan ke keran? Memeriksa. Kata-kata teknologi mungkin menarik pelanggan tertentu, tetapi apa sebenarnya arti reverse osmosis? Dan benarkah proses yang sama yang membersihkan air kota yang mengarah ke wastafel dapur Anda membersihkan air radioaktif? Ya, dan ya.

Pada intinya, reverse osmosis tidak berbeda dengan saringan yang mengalirkan pasta, atau saringan kopi yang membiarkan air melewatinya tetapi menahan ampasnya. Air melewati membran semipermeabel – permukaan yang memungkinkan beberapa hal, tetapi menangkap hal lain – berlubang dengan lubang yang sangat kecil. Seberapa kecil? Cukup kecil untuk menangkap partikel individu. Semua partikel berbahaya itu tertinggal di satu sisi membran sementara air bersih dan murni keluar dari sisi lain. Mudah sekali.

Ada beberapa cara lain untuk membersihkan air radioaktif, seperti filtrasi karbon, yang menggunakan filter karbon untuk menyerap partikel radioaktif daripada mengumpulkannya. Kemudian kami memiliki pelunakan air penukar ion, yang melibatkan tidak menyerap atau mengumpulkan partikel, tetapi menukarnya dengan partikel lain.


Posted

in

,

by