Bagaimana Kematian Putri Diana Mengubah The Royals

Dunia ingat bagaimana kisah Putri Diana berakhir, tapi bagaimana dengan paparazzi yang mengejarnya? Sama pentingnya untuk diingat bahwa meskipun opini publik dengan jelas percaya bahwa paparazzi salah, dan mereka ditangkap, mereka pada akhirnya dinyatakan tidak bertanggung jawab – setiap orang didenda satu Euro simbolis sebagai hukuman atas pelanggaran privasi.

Pada saat pernikahan Charles dan Diana, satu foto bagus dirinya dapat dijual ke tabloid sebanyak $656.000. Diana menggugat – sekali, pada tahun 1993, untuk foto yang diambil saat dia berolahraga di health club – dan menetap karena pada saat itu, para bangsawan tidak memiliki jalan lain atau hak privasi. Sebagai akibat dari kematian Diana, undang-undang privasi yang diperkenalkan pada tahun yang sama ditingkatkan – dan kemudian melangkah lebih jauh.

Penggunaan lensa dan foto jarak jauh di properti pribadi menjadi ilegal, dan lebih banyak undang-undang diberlakukan untuk melindungi privasi anak-anak terkenal. Mike Dodd, spesialis hukum Asosiasi Pers, menjelaskan kepada Waktu bahwa undang-undang itu “diperkenalkan hanya karena cara Harry, dan khususnya William, dikejar saat mereka di sekolah.” Seberapa baik pelajaran yang telah dipelajari masih bisa diperdebatkan, karena paparazzi terus menguntit tokoh-tokoh seperti Pangeran George dan Putri Charlotte. Namun demikian, para bangsawan dipuji karena merangkul media sosial, merilis foto mereka sendiri, dan belajar mengendalikan – atau setidaknya memandu – narasi.


Posted

in

,

by