Apakah Presiden Amerika Diizinkan Mabuk?

Kehadiran alkohol di koridor kekuasaan Amerika telah didokumentasikan dengan baik. Ulysses S. Grant memiliki hubungan yang rumit dengan alkohol: Reputasinya sebagai peminum berat didirikan selama tahun-tahun militernya, meskipun dia dilaporkan mengurangi asupan alkoholnya begitu dia memenangkan kursi kepresidenan. George Washington, sementara itu, memiliki resep bir pribadinya sendiri, yang telah direplikasi oleh pembuat bir fashionable.

Baru-baru ini, kebiasaan minum berbagai presiden abad ke-20 juga berhasil masuk ke dalam buku sejarah. Salah satu anekdot terkenal menyangkut Lyndon B. Johnson, yang diketahui melepas tugas kepresidenannya dengan mengendarai mobil klasik koleksinya di sekitar peternakannya, ditemani oleh berbagai pembantu dan petugas dinas rahasia. Namun, pada kesempatan seperti itu Johnson juga biasanya minum di belakang kemudi, menyeruput wiski Cutty Sark di bebatuan saat dia mengemudi.

Presiden lain terbukti kurang mampu untuk tetap memegang kendali saat mabuk. Richard Nixon mengembangkan reputasi di antara rekan-rekannya karena memiliki toleransi yang rendah terhadap alkohol tetapi tetap minum, terutama setelah skandal Watergate mengancam akan membongkar pemerintahannya. Kadang-kadang, pembantu Nixon harus turun tangan dan menerima panggilan telepon presiden jika dia terlalu mabuk untuk melakukan percakapan.


Posted

in

,

by