Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Anda Jika Anda Kehabisan Oksigen?

Penting untuk memahami dengan tepat berapa lama seseorang dapat bertahan tanpa udara adalah bahwa orang mengkonsumsi oksigen pada tingkat yang berbeda, tergantung siapa mereka dan tingkat aktivitas fisiknya. Menurut Nationwide Library of Drugs, orang dewasa saat istirahat mengonsumsi sekitar 6 liter udara per menit. Memperlambat laju pernapasan secara sadar dapat menghemat udara, tetapi dalam skenario di mana ada kesadaran bahwa suplai oksigen terbatas, pernapasan yang lambat kemungkinan akan menjadi tantangan saat kepanikan muncul. Panas atau dingin yang berlebihan juga dapat memengaruhi laju pernapasan kita.

Menurut Mike Tipton dari Universitas Portsmouth (melalui Orang dalam), ‘Menggigil adalah bentuk olahraga yang menghabiskan sekitar satu liter oksigen per menit. Per ulasan di Breathe, kebanyakan manusia bernapas antara 10 dan 20 napas per menit, yang dapat diperlambat hingga empat hingga 10 napas per menit. Namun Tipton mengatakan kepada BBC Future bahwa “jika seseorang sedang stres atau panik, ini dapat meningkatkan tingkat metabolisme mereka.”

Menurut The Dialog, dengan latihan, Stéphane Mifsud memegang rekor dunia pria untuk menahan napas sekitar 11 setengah menit, dan Natalia Molchanova memegang rekor dunia untuk wanita sekitar 9 menit tanpa udara. Setelah mengkonsumsi oksigen murni, Budimir Šobat menahan nafasnya selama hampir 25 menit.


Posted

in

,

by