Apa yang Dilakukan Merkuri Terhadap Tubuh?

Kasus keracunan merkuri pada saat ini semakin kecil dibandingkan dengan tingkat yang dialami oleh masyarakat sebelumnya yang menggunakan bahan kimia tersebut, tanpa mengetahui risiko yang ditimbulkannya. Namun demikian, badan pemerintah yang bertugas mengelola kesehatan masyarakat memberikan saran untuk menghindari keracunan merkuri, yang dapat terjadi dengan cara tertentu.

Sumber merkuri yang paling sering dikutip yang mungkin memengaruhi manusia saat ini ditemukan pada ikan yang dapat dimakan. Meskipun dianggap sebagai elemen langka, merkuri muncul secara alami di sedimen bawah air dan masuk ke ikan melalui penyerapan insang atau melalui makan di bawah air. Selama seabad terakhir, aktivitas manusia — seperti pembakaran bahan bakar fosil dan pertambangan — telah berkontribusi terhadap jumlah merkuri di atmosfer dan air. Makan ikan dengan kandungan merkuri yang tinggi bisa berbahaya, terutama bagi ibu hamil dan anak kecil. King mackerel, ikan pedang, dan hiu semuanya mengandung merkuri tingkat tinggi sehingga Kantor Penilaian Bahaya Kesehatan Lingkungan California merekomendasikan agar orang menghindari makan spesies tersebut sama sekali.

Ikan, bagaimanapun, dikenal selain kandungan merkurinya sebagai bagian sehat dari food regimen seimbang, dengan manfaat kesehatan berasal dari asam lemak omega-3 yang banyak dikandung spesies ikan. Banyak dewan penasehat kesehatan mencatat bahwa, secara umum, semakin kecil ikan, semakin rendah kadar merkuri yang ditemukan di dalamnya. Ikan sarden, salmon, dan chub mackerel menempati urutan teratas dalam daftar ikan yang paling banyak mengandung manfaat kesehatan tanpa risiko merkuri.


Posted

in

,

by