Alasan Kapal Selam Meledak, Menurut Ilmu Pengetahuan

Seperti yang disebutkan, Titan adalah kapal selam — sebuah kapal kecil yang harus beroperasi dengan bantuan kapal induk, bukan kapal selam yang lebih besar dan sepenuhnya otonom. Namun demikian, prinsip dari apa yang mungkin menyebabkan ledakan masing-masing hampir sama. CP24 melaporkan bahwa pecahan kapal Titan ditemukan hampir 13.000 kaki di bawah permukaan, dan Laksamana Muda Penjaga Pantai John Mauger mengatakan (melalui Penjaga) apa yang ditemukan oleh para pencari “konsisten dengan hilangnya ruang tekanan yang sangat besar.” Menurut Each day Mail, tekanan air di reruntuhan Titanic sekitar 400 atmosfer – jauh dari rata-rata 1 yang biasa kita alami di permukaan laut.

Untuk merasakan ledakan, bayangkan menghancurkan kaleng soda aluminium kosong di kepalan tangan Anda – tekanan yang menekan kaleng lebih dari yang bisa ditahan oleh struktur kaleng. Untuk alasan ini, Dr. Nicolai Roterman berkata tentang Titan, “Jika terjadi kerusakan lambung, penumpangnya akan tenggelam ke laut dalam waktu dekat.” Untuk mengetahui seperti apa tekanan laut dalam pada kedalaman seperti itu, Profesor Blair Thornton dari College of Southampton membandingkannya dengan berat Menara Eiffel (melalui NBC Information).

Pada tahun 2020, kapal selam berawak China yang disebut “Fendouzhe” — atau “Striver” — mencapai kedalaman 33.000 kaki (dasar Palung Mariana, yang dikenal sebagai Challenger Deep, di Samudra Pasifik.) Pada tahun 2012, direktur Titanic James Cameron juga mencapai Challenger Jauh di dalam kapal selam, lapor CBS Information.


Posted

in

,

by