9-Sprint Line China dan Kontroversi di Baliknya Dijelaskan

Meskipun garis sembilan putus-putus mungkin terlihat tidak lebih dari garis putus-putus di atas kertas di Laut China Selatan — karena memang begitu — pemerintah dan militer China menanggapinya dengan sangat, sangat serius. Mereka menganggapnya sangat serius sehingga studio Hollywood seperti Warner Brothers terus secara langsung menggambarkan sembilan garis putus-putus dalam movie seperti “Barbie”, “Uncharted”, dan “Abominable” untuk menenangkan pasar China bahkan dengan mengorbankan negara-negara yang mengasingkan diri seperti Vietnam. sebagaimana tercantum pada Penentu.

Time melaporkan bahwa sembilan garis putus-putus adalah klaim yang longgar, digunakan secara historis tetapi tidak sah secara hukum atas wilayah yang sebenarnya bukan milik China. Klaim mereka secara resmi dibantah pada tahun 2016 ketika pengadilan internasional di Den Haag, Belanda, menyatakan bahwa “klaim China atas 90% rute perdagangan kritis dunia adalah palsu.” Tetapi meskipun keputusan ini “mengikat secara hukum”, tidak ada metode atau badan yang dapat menegakkannya. Dan drama tentang kepemilikan Laut Cina Selatan seperti yang digariskan oleh sembilan garis putus-putus terus berlanjut.

Adapun posisi China dalam semua ini? Seperti yang dikatakan Time, Wakil Laksamana China Yuan Yubai mengatakan bahwa Laut China Selatan jelas milik China karena memiliki kata “China” di namanya. Waktu juga menunjukkan bagaimana China begitu berkomitmen pada kebijakan maritim ekspansionisnya di Laut China Selatan yang telah mengubah terumbu karang di kawasan itu menjadi pangkalan militer buatan dengan landasan panjang yang mampu meluncurkan jet tempur.


Posted

in

,

by