12 Skandal Terbesar Yang Memukul BBC

Sepanjang keberadaannya, BBC terkenal karena melakukan wawancara inovatif dengan beberapa nama besar di planet ini, terutama bangsawan. Wawancara mantan pembaca berita “Newsnight” BBC Emily Maitlis tahun 2019 dengan Pangeran Andrew, misalnya, yang menyelidiki persahabatannya dengan pelaku kejahatan seks Jeffrey Epstein, adalah contoh terbaru yang menjadi berita utama di seluruh dunia setelah dirilis.

Reporter high korporasi lainnya adalah Martin Bashir, yang paparannya terhadap bintang pop Michael Jackson pada tahun 2003 menyebabkan pengawasan ketat terhadap kehidupan pribadi Jackson dan menjadikan Bashir tokoh sentral dalam kejatuhan tabloid berikutnya. Tetapi reputasi Bashir didirikan hampir satu dekade sebelumnya berkat wawancara tahun 1995 yang dia dapatkan dengan Putri Diana. Pada saat itu, Diana sedang mengalami perceraian yang kacau dari Pangeran Charles, sekarang Raja Charles III, dan wawancara Bashir dengannya untuk program “Panorama” BBC memberikan gambaran sekilas tentang cara kerja keluarga kerajaan pada saat krisis.

Namun, penyelidikan baru-baru ini menyimpulkan bahwa Bashir telah mengamankan wawancaranya dengan menggunakan dokumen palsu, yang telah dia tunjukkan kepada saudara laki-laki Diana, Earl Spencer, untuk mendapatkan kepercayaannya. BBC telah mengetahui tentang penipuan ini sejak awal, tetapi telah menutupi pengetahuannya karena popularitas wawancara tersebut, dan dengan melakukan itu telah gagal mempertahankan “standar integritas dan transparansi yang tinggi”, demikian temuan investigasi tersebut. Baru-baru ini, keluarga Jackson bergabung dengan paduan suara kecaman terhadap Bashir, mengklaim bahwa wawancaranya dengan mendiang bintang pop itu juga didasarkan pada penipuan.


Posted

in

by